Pages

Labels

Jumat, 12 Oktober 2012

CONTOH APLIKASI DAN PEMANFAATAN DARI GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

     Pada saat ini banyak sekali aplikasi yang telah dibuat yang bersangkut paut dengan grafik komputer dan pengolahan citra. Sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih grafik komputer itu??
Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi visual secara digital. Bentuk-bentuk dari grafik komputer itu sendiri ada 2 macam, yaitu grafik komputer 2D yang kemudian dikembangkan menjadi 3D.
     Biasanya aplikasi dari grafik komputer ini, digunakan pada berbagai jenis bidang seperti bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang militer, bidang hiburan dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang menggunakan grafik komputer pada beberapa bidang, antara lain:
  1. Design
         Pada bidang ini sangat dibutuhkan aplikasi dari grafik komputer, aplikasi yang sudah sangat populer adalah CAD(Computer-Aided Design). CAD merupakan alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain, khususnya untuk sistem arsitektur dan juga engineering. Kebanyakan CAD digunakan untuk mendesain sebuah mobil, pesawat terbang, motor, peralatan rumah, alt elektronik, dan lain-lain. Salah satu contoh aplikasinya adalah AutoCAD.

  2. Virtual Reality
         Virtual reality merupakan suatu tempat virtual yang seakan-akan begitu nyata bagi user dimana user dapat berorientasi dengan objek-objek 3D. Untuk melakukan itu dibutuhkan sebuah perangkat keras khusus yang digunakan untuk memberikan efek 3D kepada user. Salah satu contoh aplikasinya adalah game mobil yang ada di tempat permainan seperti di timezone ataupun di fun world.

  3. Computer Art
         Computer art adalah pengunaan komputer grafis untuk mengedit atau menghasilkan sebuah gambar yang baik. Biasanya berupa foto, lukisan, banner, dan lain-lain. Salah satu contoh aplikasinya adalah Photoscape.

  4. Pendidikan dan Pelatihan
         Model ini dihasilkan melalui komputer yang menggunakan grafis biasa digunakan untuk alat bantu pada bidang pendidikan. Salah satu aplikasinya adalah Electronic Workbench.

  5. Hiburan
         Biasanya pada bidang hiburan sangat dibutuhkan komputer grafis untuk membuat suatu film animasi seperti dragon ball, naruto, bleach, shrek, finding nemo, dan lain-lain.

  6. Video Game
         Video game adalah suatu permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan sebuah visualisasi pada perangkat video. Dalam penyebarannya, video game ada beberapa game yang menggunakan 2D seperti tetris, dan game yang 3D seperti PES(Pro Evolution Soccer), Dinasti Warior, Point Blank dan lain-lain.

  7. Computer-Aided Software Engineering(CASE)
         CASE ini bisa dibilang mirip dengan CAD tetapi CASE digunakan dalam bidang software engineering seperti untuk memodelkan user requirement, workflow dalam proses bisnis, pemodelan basis data, dan sebagainya. Salah satu contoh aplikasinya adalah SyBase Power Designer.

  8. Pengolahan Citra
         Pengolahan citra merupakan suatu cabang ilmu informatika yang memiliki beberapa teknik untuk memodifikasi DNA intepretasi citra, meingkatkan kualitas gambar, dan mengenali pola-pola visual pada suatu gambar. Salah satu contohnya adalah perbaikan gambar sehingga lebih jelas dengan mengatur keterangan(brightness) dan juga contrast nya.

  9. Graphical User Interface(GUI)
         Graphical User Interface(GUI) ini adalah sebuah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer dan alat-alat yang digunakan komputer. GUI yang sudah kita lihat berupa window-window yang digunakan pada suatu operating system Windows, Macintosh, dan Linux.

  10. Grafik Presentasi
         Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah grafik presentasi yang dapat berupa slide, dan transparansi. Grafik presentasi biasanya digunakan untuk mempresentasikan sebuah karya ilmiah, laporan keuangan ataupun untuk suatu lembaga survei.

  11. Visualisasi Data
         Visualisasi data adalah teknik-teknik untuk membuat suatu image, diagram, atau mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun yg nyata sejak permulaan manusia. Sehingga dapat lebih mudah untuk dimengerti, salah satu contohnya adalah visualisasi dari struktur atom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar