Pages

Labels

Jumat, 23 Maret 2012

Mengendalikan emosi

      Halo, pada siang hari ini saya akan mensharing mengenai mengendalikan emosi. Saat ini saya turut prihatin dengan keadaan anak muda yang memiliki sifat yang tempramental (gampang emosi). Banyak kita temui orang-orang seperti itu, mereka orang yang bisa dibilang sebagai orang yang tidak sabar. Emosi yang meledak-ledak akan menyebabkan kita kehilangan kendali atas diri kita sendiri, dan itu akan merugikan orang disekitar kita. Sulit untuk bisa menghilangkan sifat seperti itu, tapi saya yakin mereka bisa berubah seiring dengan bertambahnya umur dan juga mengikuti banyak seminar mengenai mengendalikan emosi.
Saya mengambil contoh dari para siswa SMA maupun SMP yang sering melakukan tawuran antar pelajar, mungkin awalnya kejadian tersebut hanya saling ejek antara satu siswa dengan siswa lainnya. Tapi karena mereka merasa direndahkan maka mereka membalasnya dan tawuran pun terjadi karena ada provokator yang membuat temannya menjadi emosi. Sering sekali saya menjumpai tawuran antar pelajar, dan saya pun bingung apa yang harus mereka banggakan dari hal tersebut. Mereka hanya berpikir menggunakan emosi saja, mereka tidak berpikir bahwa dengan mereka melakukan itu maka akan merugikan diri mereka sendiri. Ok anggap saja mereka tidak terluka tapi jika ada temannya ada yang terluka bahkan sampai meninggal apa mereka rela kehilangan teman mereka hanya karena emosi sesaat?
      Seharusnya para orang tua juga harus membimbing mereka dengan sangat baik, terkadang ada orang tua yang tidak terlalu memperhatikan anaknya sehingga anak tersebut ingin melakukan hal yang nakal agar orang tua mereka memperhatikan mereka. Mungkin emang sulit bagi kita yang mengalami sifat seperti itu, tapi jika kita mau mempunyai keinginan untuk bisa merubah sifat kita yang gampang emosi maka kita pasti bisa. Cobalah kita belajar untuk sabar dalam menghadapi masalah walaupun sesulit apa pun masalah nya kita haru bisa mengendalikan emosi kita. Jika kita telah dipengaruhi oleh emosi maka sulit bagi kita untuk bisa berpikir dengan baik, biasanya keputusan yang dipengaruhi oleh emosi sesaat pasti kita akan menyesalinya di lain hari. Kita juga harus minta pertolongan dari Tuhan agar bisa membimbing kita menjadi lebih dewasa dalam perbuatan maupun pikiran, maka pasti Dia akan membantu kita untuk mengatasi emosi kita yang meledak-ledak.
      Nah, teman-teman sekalian mari kita belajar untuk sabar dalam menghadapi masalah yang seberat apa pun. Jika kita dapat mengendalikan emosi kita maka kita bisa dapat menjalani hidup ini dengan baik dan tak akan ada orang yang dirugikan dengan sikap kita. Sekian sharing saya siang hari ini, semoga teman-teman sekalian bisa mempelajarinya dengan baik.
"Control Your Emotions and Your Emotions Will Control You"
^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar