Pages

Labels

Sabtu, 31 Maret 2012

RESUME KELOMPOK 2

PERILAKU KONSUMEN

Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa

Perilaku konsumen adalah suatu hal yang dilakukan oleh konsumen dalam mencari produk atau jasa yang diinginkan, membeli barang atau jasa, kemudian mengevaluasi barang atau jasa, menilai, dan menggunakan suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhannya dan memuaskan diri dengan produk atau jasa tersebut.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen, antara lain:
  1. Faktor Individu yang meliputi : keadaan ekonomi, gaya hidup, brand image dan kepribadiannya.
  2. Pengaruh Lingkungan yang meliputi : keluarga, budaya, kelas sosial dan group tatap muka.
  3. Marketing Strategy yang meliputi : produk pasar, periklanan, harga pasar, dan pendistribusian.

Ada pendekatan-pendekatan yang dilakukan untuk mempelajari tingkah laku konsumen :
  1. Pendekatan Marginal Utility (Cardinal)
    Pendekatan Marginal Utility (Cardinal) adalah kepuasan konsumen yang dapat diukur dengan satuan ukur misalnya: panjang, berat, dan uang.
  2. Pendekatan Indifference Curve (Ordinal)
    Pendekatan Indifference Curve (Ordinal) adalah kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satuan ukur tapi bisa dibandingkan dengan tingkat kepuasan setelah memakai suatu barang atau jasa.

Elastisitas adalah suatu konsep untuk memahami permasalahan perubahan perekonomian. Didalam elastisitas terdapat dua macam, yaitu elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran. Dari kedua macam elastisitas tersebut terdapat tiga jenis elastisitas, yaitu elastisitas harga, elastisitas silang dan elastisitas pendapatan.

Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa seorang konsumen dalam memakai atau menggunakan suatu barang atau jasa dapat dinilai dari satuan ukuran maupun dari tingkat kepuasan setelah memakai barang atau jasa tersebut. Terdapat juga elastisitas yang berguna untuk memahami permasalahan perubahan perekonomian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar