Pages

Labels

Rabu, 21 Maret 2012

Menghormati untuk Dihormati

      Saat ini saya akan mensharing mengenai rasa hormat dengan sesama kita baik kita lebih muda maupun lebih tua. Sekarang banyak orang yang merasa bahwa jika dia merasa memiliki umur, jabatan ataupun status sosial stingkat lebih tinggi dibanding dengan yang lain maka orang tersebut merasa bahwa dia harus dihormati oleh orang yang lebih muda karena merasa berada di atas mereka. Hal tersebut merupakan SALAH BESAR dan tidak boleh di tiru, mengapa begitu??
      Karena kita adalah manusia yang diciptakan untuk saling menghormati dengan sesama kita, baik kita lebih muda maupun kita lebih tua. Kadang orang yang merasa bahwa dia lebih tua dia akan memiliki rasa keegoisan yang besar, karena dia merasa bahwa dia telah merasa dilahirkan duluan jadi dia merasa bahwa yang muda harus menghormatinya dan kemudian dia akan melakukan hal yang sama kepada yang muda. Hal tersebut merupakan hal yang sering kita temui saat ini dimana pun kita berada. Rasa ego yang tinngi akan menyebabkan orang tersebut menjadi orang sangat sulit untuk dimengerti, karena orang yang memiliki ego yang tinggi sangat sulit untuk menerima masukan dari orang lain dan merasa apa yang telah dia lakukan sudah benar dan tidak akan merubahnya.
      Ada baiknya jika kita lebih merasa bahwa memiliki ego yang tinggi akan membuat kita sulit untuk menjadi orang yang lebih baik. Seharusnya jika kita lebih tua dibanding dengan yang lain maka seharusnya kita mempunyai sifat yang lebih dewasa dalam pemikiran maupun dalam perilaku kita. Kita harus bisa membuka diri untuk menerima masukan-masukan dari orang lain, karena sulit untuk menilai diri kita sendiri. Jika kita bisa melakukan hal tersebut maka kita bisa mengajarkan hal tersebut kepada orang yang lebih muda dari kita, memberitahukan hal mana yang harus kita lakukan dan hal mana yang tidak harus kita lakukan.
Bagi yang merasa dirinya lebih muda, ada baiknya kita harus selalu mengingatkan orang yang lebih tua untuk melakukan yang benar. Janganlah kita menjadi anak muda yang cuek terhadap segala sesuatu, jadilah anak muda yang mau memiliki sifat dan perilaku yang dewasa. Marilah menjadi penerus bangsa yang mau menerima kritik karena masa depan kita ada ditangan kita sendiri.
      Sekian sharing saya, saya sangat berharap bagi yang membaca baik kalian lebih tua ataupun lebih muda dibanding dengan orang disekitar kalian untuk bisa saling menghormati tanpa memandang umur, ras, agama, jabatan maupun status sosial.
Terimakasih.
^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar