Pages

Labels

Minggu, 25 Maret 2012

Kejujuran Itu Penting

      Selamat sore teman-teman, sore ini saya akan mensharing mengenai kejujuran itu sangat penting bagi kita semua. Jujur merupakan suatu sifat yang sulit untuk dilakukan oleh siapa pun, semua orang pasti pernah berbohong tapi yang menjadi masalah adalah seberapa sering kita berbohong??
Saat ini menurut saya sangat sulit untuk mencari orang yang benar-benar jujur, dan mau berbicara apa adanya. Biasanya orang berbohong karena ingin menutupi kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat atau ada juga orang yang berbohong karena ingin menjaga harga dirinya agar terlihat sangat baik didepan orang. Berbohong merupakan suatu perilaku yang sangat tidak bagus untuk ditiru karena perilaku tersebut menutupi kebenaran yang sesungguhnya. Jika orang sudah sekali berbohong maka dia akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan yang lainnya yang telah diucapkan sebelumnya.
      Kejujuran merupakan suatu perilaku yang harus dibayar mahal untuk memilikinya, mengapa?? Karena orang yang berani berkata jujur, dia harus berani untuk menerima resikonya jika itu mengenai hal buruk biasanya menyangkut hal-hal yang penting. Mungkin karena hal tersebut terkadang orang rela untuk berbohong karena takut menyinggung atau takut menyakiti perasaan orang lain. Ada istilah yang kita ketahui yaitu "berbohong demi kebaikan". Dari kata-kata tersebut memang ada beberapa hal yang harus kita sampaikan dengan berbohong agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Hal tersebut adalah salah, karena jika kita tutupi hal yang sebenarnya terjadi dengan kebohongan, suatu saat nanti ketika hal yang sebenarnya diketahui maka akan membuat hati orang lain sangat terluka.
      Lebih baik kita berkata sejujur-jujurnya walaupun itu akan menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain, karena di agama mana pun tidak mengajarkan kita untuk berbohong dan tidak ada istilah "berbohong untuk kebaikan". Kebohongan merupakan sikap yang tidak terpuji, tidak ada istilah berbohong itu baik. Ayo kita sebagai manusia belajar untuk berkata jujur, mungkin sulit untuk berubah langsung tapi kita bisa menjadi orang jujur jika kita terbiasa mengatakan sesuatunya dengan jujur.
      Nah, teman-teman sekalian sekian sharing saya hari ini mengenai pentingnya kejujuran. Semoga teman-teman sekalian bisa belajar untuk berkata jujur kepada siapa pun, dimana pun kita berada dan kapan pun itu kita harus berkata jujur.
"Honesty Is The Most Important Thing In Life"
^-^

1 komentar:

  1. Kejujuran merupakan perbuatan yang tidak semua orang dapat melakukannya. Kejujuran sangat mahal harganya dan mempunyai nilai positif bagi yang melakukannya.

    Jika anda tertarik untuk membuat Alat Pendeteksi Kejujuran silahkan mampir ke bilik saya >> disini

    BalasHapus